the elementary school based on islamic

IDENTITAS LEMBAGA




Profil MI. Darut Taqwa Sengonagung



NamaMadrasah : MI. DARUT TAQWA
Status Madrasah : Terakreditasi “A” Tahun 2011
No. Telephon : (0343) 614 957
Alamat Sekolah : Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Kode Pos. 67162
Desa/Kecamatan : Sengonagung/Purwosari
Tahun Berdiri : 1994
Waktu Belajar : Pagi / 07:00 – 12:15 WIB
Kabupaten : Pasuruan
Propinsi : Jawa Timur
e-mail : midataku@gmail.com

-->

1.       IDENTITAS KEPALA SEKOLAH
Nama Kepala Sekolah                   : ROHIMIN, S. PdI
Pendidikan Terakhir                       : S 2
Jurusan                                          : PAI (Pendidikan Agama Islam)
No. Telephon                                : (0343) 614 874 - 7772435
Alamat Lengkap                            : Sekarmojo Purwosari Pasuruan
 
2.       LATAR BELAKANG BERDIRINYA SEKOLAH
a.       Cita-cita pendiri Yayasan Darut Taqwa
b.       Kondisi pedesaan yang sangat membutuhkan pendidikan di tingkat dasar.
c.       Permintaan masyarakat sekitarnya.
d.       Latar Belakang
Pendidikan nasional sedang mengalami berbagai perubahan yang cukup mendasar, terutama berkaitan dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Undang-Undang SISDIKNAS), manajemen dan kurikulum yang diikuti oleh perubahan-perubahan teknis lainnya. Perubahan-perubahan tersebut diharapkan dapat memecahkan berbagai permasalahan pendidikan baik masalah-masalah konvensional maupun masalah-masalah yang muncul bersamaan dengan hadirnya ide-ide baru (masalah inovatif). Disamping itu, melalui perubahan tersebut diharapkan terciptanya iklim yang kondusif bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (PSDM), untuk mempersiapkan bangsa Indonesia dalam kesejagatan dalam kesemrawutan global.
Perubahan-perubahan di atas, menuntut berbagai tugas yang harus dikerjakan oleh para tenaga kependidikan sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing, melalui dari level makro sampai pada level mikro, yakni tenaga kependidikan di sekolah. Disekolah terdapat dua bos yang paling berperan dan sangat menentukan kualitas pendidikan, yakni kepala sekolah dan guru. Dalam perspektif globalisasi, otonomi daerah, dan desentralisasi pendidikan serta untuk mensukseskan manajemen berbasis sekolah dan kurikulum berbasis kompetensi, kepala sekolah merupakan figur sentral yang harus menjadi teladan bagi para tenaga kependidikan lain di sekolah. Oleh sebab itu, untuk menunjang keberhasilan dalam perubahan-perubahan yang dilakukan dan diharapkan, perlu dipersiapkan kepala sekolah professional, yang mau dan mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terhadap berbagai kebijakan dan perubahan yang dilakukan secara efektif dan efisien.
Berdasarkan hasil pengamatan disekolah-sekolah yang sedang melakukan uji coba MBS dan KBK, serta berbagai masukan dari para ahli pendidikan, khususnya di pulau Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi menunjukkan kepala sekolah yang belum siap mengikuti berbagai perubahan atau penerapan ide-ide baru disekolahnya. Ketidaksiapan tersebut antara lain berkaitan dengan kurangnya seminar dan loka karya. Untuk itu, dirasakan perlunya kegiatan seminar dan loka karya bagi para kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya.
Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan, berdiri secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Departemen Agama RI melalui Kepala Kantor Departemen Agama Wilayah Provinsi Jawa Timur dengan status Terakreditasi “B”. Nomor : B /Kw.13.4 / MI / 2474 / 2006 tanggal 24 Februari 2006.
Salah satu kekhususan dari program-program yang selama ini ada adalah bahwa proses belajar mengajar siswa tidak sekedar mendapatkan bimbingan di dalam kelas-kelas regular melainkan juga ditempatkan dalam asrama Pesantren Ngalah (boarding School). Melalui pembinaan ini siswa tidak sekedar dikondisikan untuk mendapatkan transfer of know ledge melainkan juga dibina dan dibimbing dalam pembangunan karakter (Character building). Kekhususan yang sudah terbangun ini akan diteruskan sebagai visi dan misi yang dikembangkan di MI. Darut Taqwa.
Perkembangan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah yang berorientasi pada pemberdayaan kelembagaan merupakan tanggung jawab pemerintah (Departemen Agama RI) dan masyarakat. Secara operasional, pengembangan manajemen MI. Darut Taqwa Sengonagung merupakan tanggung jawab kepala madrasah, guru, dan unsur-unsur didalamnya. Penerapan unsur-unsur manajemen organisasi meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian pendidikan di sekolah serta evaluasi harus dilakukan agar proses pendidikan MI. Darut Taqwa dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Oleh karena itu kegiatan peningkatan mutu pendidikan tidak hanya berorientasi pada out put yang memiliki nilai akademis saja, melainkan juga meliputi seluruh proses pengelolaan secara baik. Komponen-komponen yang perlu dikelola meliputi : kegiatan guru, karyawan, siswa dan masyarakat.
3.       VISI, MISI, TUJUAN DAN TARGET SEKOLAH
1.      VISI
Menjadi lembaga pendidikan yang dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang keilmuan, keimanan, ketaqwaan dan keterampilan sesuai dengan kemajuan zaman.
2.      MISI
a.       Meningkatkan mutu keimanan dan ketaqwaan melalui penanaman dasar-dasar yang benar.
b.       Menumbuh kembangkan budaya CALISTUNG (membaca, menulis, berhitung)
c.       Menumbuh kembangkan anak berfikir logis, kritis, kreatif dan inofatif serta memiliki rasa keingintahuan yang besar.
d.       Menumbuh kembangkan sikap tanggung jawab, kemandirian dan kecerdasan emosional.
e.       Memberikan dasar-dasar keterampilan hidup, kewirausahaan dan etos kerja yang islami.
3.      TUJUAN
a.       100 % siswa dapat melaksanakan sholat dirumah dengan benar dan tertib waktu serta bisa mengaji dengan benar dan tartil.
b.       Membentuk tim SATGAS perpustakaan serta mewajibkan guru dan siswa setiap hari membaca, menulis, dan berhitung.
c.       Memiliki siswa yang optimal dalam belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya.
d.       Membentuk tim pembinaan guru dan siswa untuk menghadapi lomba karya ilmiah guru dan siswa.
e.       Membentuk kelompok pencipta bahasa Inggris.
f.         Semua murid memiliki budi pekerti yang luhur, sopan santun, tata krama yang islami, baik dan selalu menghormati guru-gurunya serta patuh terhadap orang tua.
g.       Memiliki rasa tanggung jawab akan kebersihan, keindahan, kesehatan dan kenyamanan lingkungan.
 4.      SASARAN/TARGET
a.       Lulusan MI. Darut Taqwa 95 % melaksanakan sholat dengan benar dan tertib serta dapat mengaji dengan benar dan tartil.
b.       95 % lulusannya menyukai membaca buku dan mempunyai kecepatan membaca 400 kata permenit.
c.       80 % lulusannya sudah belajar sesuai dengan bentuk kecerdasannya.
d.       Setiap tahun guru dan siswa selalu mengikuti lomba karya baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.
e.       50 % siswa lulusannya dapat berkomunikasi bahasa Inggris dengan sederhana.
f.         Memiliki siswa yang meraih juara I dan II lomba mata pelajaran sekecamatan.
g.       Semua siswa memiliki budi pekerti yang luhur, sopan santun, tata krama yang islami, baik dan selalu menghormati guru-gurunya serta patuh terhadap orang tuannya.
h.     Memiliki lingkungan sekolah yang bersih, indah, nyaman dalam menunjang proses belajar mengajar sehingga menjadi percontohan untuk sekolah lainnya. 
i.    Memiliki siswa yang lulusannya dapat diterima disekolah favorit di seluruh Indonesia.


Cari Blog Ini

Blog Archive

Apa pelajaran tersulit menurut kamu??

Video of the Day

Popular Posts

About

Blogger templates

Buka Semua | Tutup Semua

BTemplates.com

free counters

Blogroll

tes

Newsletter

Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Instagram

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

About the Author

featured Slider

Popular Posts

click me to reveal the contact form

Get in touch with us:

Nama

Email *

Pesan *

We're currently under construction!

We`re working hard and believe we`ll launch the website in: